Pelatih Persebaya Aji Santoso saat memberikan kererangan pers kepada wartawan, seusai memimpin latihan tim di Stadion Delta Sidoarjo, 8 Januari 2020
Makan Konate resmi menjadi pemain Persebaya Surabaya setelah didatangkan dari Arema FC, Kamis (17/1/2020). Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menceritakan bagaimana proses Makan Konate berseragam Persebaya Surabaya.

Prosesnya tidak lama. Aji Santoso, yang juga pernah membela dan melatih Arema FC, mengatakan, kesuksesan tim berjuluk Bajul Ijo itu mendapatkan tanda tangan Makan Konate karena manajemen bergerak sangat cepat.

Aji Santoso mengaku tidak ikut andil dalam proses negosiasi. Menurut eks-pelatih PSIM Yogyakarta itu dirinya hanya merekomendasikan Konate yang cocok untuk memperkuat lini tengah Persebaya.

"Yang jelas saya sendiri kalau bernegosiasi dengan Makan Konate tidak pernah. Tetapi saya setelah berkordinasi dengan manajemen ada keinginan untuk medatangkan Konate. Begitu selesai meeting, manajemen merespons dengan sangat cepat, kami melakukan negoisasi," kata Aji kepada Skor.id.

"Kami juga dapat informasi kalau Arema tidak memperpanjang, dan kontrak Konate juga sudah habis, kami langsung cepat merespons. Mungkin sebelum kontrak habis hanya komunikasi saja, tapi belum ada kesepakatan. Saya sangat yakin deal-nya Makan Konate dengan manajemen Persebaya tanggal 16 atau tanggal 15 Januari malam," tutur Aji menambahkan.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa Persabaya membajak Konate dari Arema FC. Untuk diketahui, musim lalu, pemain berusia 28 tahun itu menjadi pemain kunci permainan Singo Edan.

Bersama Arema FC, eks-pemain Persib Bandung dan Persebaya itu tampil 33 pertandingan dengan durasi 2.962 menit bermain, dan sukses mencetak 16 gol.

Aji mengungkapkan Persebaya bertindak profesional dalam perekrutan Konate. Menurutnya, mereka mulai bergerak untuk melakukan komunikasi seusai Arema FC tidak memperpanjang kontrak Konate.

"Persebaya juga sangat menghormati etika atau mengerti etika jadi makanya saya selalu ditanya wartawan soal Makan Konate, lalu saya bilang sampai tanggal 14 atau 15 Januari saya tidak menyatakan bahwa Makan Konate akan bermain di Persebaya," ungkap Aji

"Artinya kami memang masih menghormati kontrak, tidak berani kami bicara seperti itu. Tapi setelah kontrak Konate habis, dan saya dengar agen-nya juga sudah menerima surat keluar Konate dari Arema ya kami merespons cepat," tutup pelatih kelahiran Malang itu.